Sabtu, 07 Maret 2015

PANTAI KLAYAR - Pacitan, Jawa Timur, Indonesia


   Tak hanya sebagai kota 1000 gua, Pacitan juga terkenal dengan pantainya yang indah. Salah satu pantainya yang mengaggumkan yaitu Pantai Klayar. Kata Klayar berasal dari kata "Klayar-Kluyur" yang artinya jalan-jalan. Keberadaan Pantai Klayer menambah kekayaan alam Indonesia. Meskipun pantai ini belum sepopuler Pantai-Pantai lainnya di Indonesia, pemandangan alam yang disuguhkan Pantai Klayer tak kalah cantik dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. 
   Bukan hanya air dan pasir yang membentang, tapi lebih dari itu. Air laut di pantai ini sangat jernih dan tidak ada sampah sama sekali. Bahkan Pantai ini memiliki 3 keunikan alam.

Keunikan Pantai Klayer

1. Patung Spinx 

    Pantai Klayer memiliki gugusan karang yang membentuk bangun-bangun geometri adiluhung (wajib dipelihara). Jika dilihat lebih seksama gugusan tersebut berbentuk seperti patung Spinx yang ada di Mesir. Gugusannya terbentuk secara alami oleh alam. 

2. Air Mancur dari Laut


    Air mancur tersebut benbentuk berupa semburan yang vertikal ke atas. Air tersebut terbentuk dari kikisan abrasiyang menjebak air pasang ke dalam celah karang. Gua karang terseembunyi di dalam air. Kerasnya deburn ombak diteruskan oleh air yang menekan hingga sebagiannya membentuk air mancur. 
   Air mancur tersebut berbentuk tegak lurus melewati celah kecil di bagian atas permukaan karang. Ketinggian air mancur tersebut bisa mencpai 10 meter dan menimbulkan seperti gerimis. Konon, air manur tersebut jika dibasuh ke wajah dan diminum akan membuat awet muda. 

3. Kokohnya Tebing Karang

    Di pantai ini akan terlihat 2 tebig besar yang berdiri gagah dari sisi timur, seperti layaknya 2 orang penjaga. Tebing ini ada yang berwarna gelap dan berwarna kehijauan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar